Inilah 6 Makanan Khas Tuban Paling Enak yang Pasti Bikin Kamu Ngiler

Advertisement
Kare Rajungan Tuban

image via idntimes.com

Kabupaten Tuban yang letaknya berada di pesisir utara jawa Timur ini memang terkenal dengan wisata kulinernya yang selalu bikin ngiler.

Banyak sekali kuliner dengan resep dan rasa yang khas yang bikin para wisatawan yang telah mencobanya menjadi ketagihan dan ingin berkunjung untuk menikmatinya lagi.

Makanan khas Tuban memang sangat menarik, terutama bagi Kamu yang gemar melakukan petualangan wisata kuliner, tentunya mencoba kuliner khas Tuban wajib masuk dalam daftar tujuanmu selanjutnya.

Makanan Khas Tuban

Seperti apa menariknya makanan khas Tuban ini, berikut beberapa daftar menu paling terkenal di Tuban yang memiliki daya tarik kuat untuk pecinta kuliner Nusantara.

1. Kare Rajungan

Letaknya yang berada di pesisir utara Jawa Timur ini membuat Kabupaten Tuban memiliki banyak sekali makanan khas yang berbahan dasar hewan laut. Salah satunya kepiting rajungan.

Penikmat olahan seafood sepertinya akan sangat menarik sekali untuk menyimak santapan lezat yang satu ini. Rajungan sendiri merupakan hewan laut yang mirip dengan kepiting.

Di Tuban rajungan ini dimasak menggunakan kuah kare. Makanan khas Tuban yang satu ini terkenal dengan ciri khas rasa pedasnya. Bagi pecinta makanan pedas pasti akan sangat cocok menyantap menu mantap yang satu ini.

Kare rajungan ini dibuat dengan menggunakan rajungan sebagai bahan dasarnya serta dipadukan dengan bumbu-bumbu dapur seperti daun salam, laos, batang sereh, kuah santan, air asam, dan beberapa bumbu lainnya.

Semua bahan dan bumbu yang telah dipersiapkan ini dimasak bersama sehingga rasanya meresap sempurna. Rasanya yang khas dan lezat cocok akan semakin enak dinikmati dalam keadaan masih hangat.

2. Becek Menthok

Kuliner khas Tuban yang selanjutnya bernama Becek Menthok. Terdengar dari namanya Kamu pasti sudah bisa menebak kan kira-kira terbuat dari bahan dasar apakah makanan lezat yang satu ini?

Yaps, becek menthok menggunakan daging menthok sebagai olahan dasarnya.

Menthok sendiri menjadi salah satu makanan andalan di Tuban, sehingga tidak heran jika pengolahannya dilakukan dengan istimewa dan soal rasa tidak perlu diragukan lagi.

Becek menthok dibuat dengan bahan dasar daging menthok dengan racikan bumbu yang khas sehingga menciptakan cita rasa yang luar biasa.

Bumbu rempah yang digunakan untuk memasak becek menthok ini seperti daun salam, bawang putih, daun jeruk, tomat, santan, serai, dan tak lupa taburan daun bawang yang telah dipotong.

Advertisement

Daging menthok ini disajikan dengan kuah yang banyak dan sangat kental. Sebaiknya Kamu nikmati selagi masih hangat agar semakin nikmat dan lezat.

Di musim dingin atau malam hari, menu makanan khas Tuban yang satu ini menjadi menu terbaik yang bisa Kamu coba.

3. Sate Bebek

Sate memang menjadi makanan yang banyak digemari dan bisa Kamu temui di berbagai daerah di Indonesia.

Tapi, sudahkah Kamu mencoba juga sate bebek khas Tuban ini?

Jika biasanya sate yang Kamu temui menggunakan daging ayam atau daging kambing, berbeda dengan sate yang akan Kamu temui di Tuban yaitu menggunakan bahan dasar daging bebek.

Sate bebek ini memiliki tekstur daging yang lebih keras daripada sate ayam.

Irisan daging bebek dimasak dengan bumbu yang khas seperti bawang merah, bawang putih, daun jeruk, cabai keriting merah, air jeruk lemon dan juga cabai rawit hijau.

Tekstur daging bebeknya yang lebih keras dan dipadukan dengan racikan bumbu yang khas ini akan menghasilkan sate daging bebek dengan rasa yang khas dan unik.

4. Garang Asam

Selanjutnya ada menu garang asam yang juga sayang banget kalau sampai Kamu lewatkan saat berwisata kuliner ke Tuban.

Garang asam merupakan makanan khas Tuban yang terbuat dari bahan dasar daging ayam yang diberi kuah santan.

Proses pemasakan garang asam ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Garang asam memiliki ciri khas rasa asam dan pedas yang menyatu.

Meski mungkin Kamu bisa menemui menu garang asam di tempat lain, namun menu garang asam di Tuban ini memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dengan garang asam yang biasa Kamu jumpai di tempat lain.

Kuahnya yang lebih bening dan banyak membuat rasanya lebih segar.

Daging ayam yang digunakan juga berasal dari ayam kampung, sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi.

Dengan pengolahan tertentu, daging ayam kampung ini akan menghasilkan tekstur daging yang sangat empuk serta rasa asam pedas yang menyatu dan meresap ke serat daging.

Dijamin bikin Kamu ketagihan setelah mencoba makanan khas Tuban garang asam ini.

5. Belut Pedas

Berwisata ke Tuban memang banyak sekali pilihan menu dengan ciri khas rasa pedas yang bisa Kamu pilih, salah satunya menu belut pedas ini.

Belut memang menjadi salah satu bahan dasar yang menarik untuk diolah ke dalam menu makanan yang lezat dan menggugah selera.

Di Tuban Kamu juga bisa loh mencoba olahan belut pedasnya! Tentunya rasanya lain daripada yang lain.

6. Cumi-Cumi Hitam

Kembali pada olahan seafood, kali ini kita akan membicarakan makanan khas Tuban yang berbahan dasar cumi-cumi hitam. Ini menjadi salah satu menu khas Tuban yang banyak diburu para wisatawan.

Uniknya, penyajian olahan makanan cumi-cumi hitam ini disajikan di atas daun jati dengan tambahan nasi putih yang pulen dan masih hangat.

Aroma daun jatinya sebagai alas makanan membuat cita rasa olahan cumi-cumi hitam ini semakin menyelerakan.

Bagaimana? Bikin ngiler ya beberapa daftar menu makanan khas Tuban di atas? Pasti bikin Kamu semakin tidak sabar ya ingin segera mencobanya?

Advertisement

Tunggu apalagi, daripada menyimpan rasa penasaran terlalu lama, segera agendakan wisata kulinermu ke Tuban dan bersiap-siap untuk menyantap menu makanan khas Tuban yang lezat dan menggoda.

Advertisement

Reply